Selesai dengan tampilan baru?

Alhamdulillah, setelah kemarin merasa bimbang memikirkan hosting sendiri atau menggunakan Blogger sebagai medianya. Dan saat itu pula pilihan telah memilih Blogger dengan pengembangan tampilan luarnya saja.

Layout

Dari sekian Theme Blogger yang disajikan, sebenarnya ada yang menark untuk digunakan. Namun mungkin akan lebih baik jika kita membuatnya sendiri dengan kemampuan dan pengetahuan yang sebenarnya mudah untuk dipahami secara otodidak (mencari). Blogger v7 (dengan layout v3) yang dirilisnya, membuat Blogger tampak lebih elegan lagi, meski kustom-nya masih sedikit kurang maksimal karena belum syntax untuk pengembangan belum sebanyak WordPress. Bisa dimaklumi juga sih, target utamanya adalah blog, jadi bukan multi target selayakna WP yang bebas kita kembangkan seenaknya kita.

Dengan skil yang ada (bukan ahlinya), akhirnya blog ini sedikit demi sedikit mulai berubah. Mulai dari mencoba CSS framework satu dengan yang lain. Sempat beberapa kali gonta-ganti ini dan itu karena hanya mencoba manakah yang ringan. Mengapa mencari yang ringan? Blog ini saya jadikan blog eksperimen dan belajar tentang AMP (cek ampproject.org). Dan berikut ulasan singkat tentang CSS Framework yang telah menjadi sejarah di blog ini.

Bootstrap

Jujur, Bootstrap adalah pertama kalinya kenal CSS Framework dan saat itu masih v2 sedangkan sekarang sudah sampai v4. Karena merasa begitu familiarnya, akhirnya mencoba agar Bootstrap 4 dapat menjadi bagian disini. Namun sayang, usaha tersebut harus digagalkan oleh AMP Validator. Untung baru sedikit saja pengembangan dengan BS4 ini, alhasil belum banyak yang harus dirombak ulang.

PureCSS

CSS Framework yang kedua ini juga sempat menjadi pilihan, namun sayang setelah dicoba lagi-lagi tidak kompatibel saat dilakukan validasi. Akhirnya pindah lagi dengan mencari yang lain.

Furtive CSS

Sejak pertengahan bulan Januari 2018, sudah jadi tampilan baru untuk blog ini yang sangat sederhana. Dengan menggunakan Furtive CSS dan sedikit kombinasi dengan Bootstrap 4 pun sudah tertata dengan rapi. Dulu, berharap ini akan menjadi base, tapi sayang masih ada sedikit yang kurang dan kini sudah berganti yang baru lagi. Berikut hasil screenshot yang sempat tertangkap.

Spectre

Otak-atik tampilan Blogger dengan menyesuaikan tag XML yang baru kadang butuh kesabaran. Harapan diri agar semua menjadi User-Friendly dan tentu saja search engine friendly. Kali kesekian akhirnya tampilan pun berubah seperti sekarang ini dengan menggunakan CSS Framework Spectre.

The Final

Yeah, ini sudah final untuk saat ini. Jika ada perubahan, pasti hanya dapat mengaturnya secara bertahap. Dan Spectre jadi pilihan terakhir meski pilihan yang lain (ada yang tidak disebut karena lupa) juga tidak kalah bagus. Artikel / Pos dalam blog juga mudah dioperasikan untuk reading mode (bisa dijumpai dibeberapa browser seperti Firefox) sehingga jika merasa terganggu dengan yang disekitar konten, bisa diaktifkan fitur ini.

Mungkin itu saja, dan pastinya jika ada perubahan akan di-info-kan disini. Semoga menjadi inspirasi buat semua dalam mengembangkan template untuk Blogger.

Toto Prayogo

Disqus Comments