Tips mengganti URL pos yang sudah dipublikasikan

cara merubah url blogger yang sudah terpublish tanpa mempengaruhi trafik

Pernah searching tapi halaman yang dituju tidak ditemukan. Telisik kehalaman pencarian salah satu web saat itu, ternyata URL yang digunakan sudah berganti. Mungkin sangat menyebalkan bukan jika kita sendiri yang sedang mencari informasi terbaru tapi link yang dituju ternyata tidak ada. Berdasarkan itu pula, untuk kita yang sedang membagikan info, ada baiknya untuk tidak pernah lagi merubah link. Bukannya tidak boleh, tapi ikuti caranya agar pos yang telah banyak trafik dari mesin pencari tetap ada.

Cara Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan seketika

Kita semua paham dan pasti setuju bahwa, setelah pos dipublikasikan secara otomatis kita tidak dapat merubah link tersebut dengan alasan apapun. Dengan merubah link, artinya tautan yang ada sebelumnya akan dianggap hilang. Oleh karenanya Blogger tidak ingin membiarkan pengunjung sebuah blog merasa kehilangan pos yang sedang ia tuju.

Seketika kita mempublikasikan pos baru ada baiknya kita set URL terlebih dahulu. Tapi jika terlanjur dapat kita ubah dengan menjadikan pos tersebut menjadi sebuah draft. Hal ini dapat kita lakukan dan tidak begitu berpengaruh jika belum masuk mesin pencari seperti Google. Lalu, bagaimana jika sudah masuk Google? simak kelanjutannya dibawah ini.

Jika belum mengetahui cara menjadikan draf sebuah pos, dapat ikuti cara berikut ini.

  • Jadikan pos sebagai draf terlebih dahulu, caranya sebagai berikut:
    1. Beri tanda centang (1) pada kolom checkbox pada daftar pos blogger kemudian klik "Kembali ke draf" (2)
      back to draft blogger post
    2. Jika cara pertama tidak berhasil, sunting pos dan klik "Kembali ke draf" di pojok kanan.
      cara menjadikan pos ke draf
  • Sekarang posting telah menjadi pos draf, dan Anda mungkin sekarang dapat menggunakan pilihan "Permalink" di bawah "Setelan entri" untuk merubah URL-nya. Klik pada tab "Tautan permanen" pada sidebar kanan, pilih radio button/tombol "Tautan Permanen Khusus" dan kemudian masukkan URL yang Anda inginkan.

Selesai, dan pos siap dipublikasikan kembali, lalu bagaimana untuk pos yang sudah lama sedangkan banyak pengunjung yang berasal dari tautan tersebut tapi ingin merubah url? simak lagi ya.

Merubah tautan pos lama

Agar pos lama mempunyai url baru, kita dapat mensiasati dengan bantuan dari sistem Blogger sendiri, caranya?.
Kita dapat membuat pos baru agar mendapat permanen link yang baru atau cara diatas tadi dapat diterapkan. Lalu dengan trafiknnya gimana? Kita dapat mengalihkan pos lama ke pos yang baru.

Buka Petelan » Preferensi Penelusuran » Kesalahan dan pengalihan »Pengalihan Khusus
Didalam halaman ini, kita dapat menambahkan tautan lama dan tautan baru sebagai tujuan. Jangan lupa memberi tanda centang pada kolom "Permanen" jika pengalihan ini bersifat permanen.

Sekarang, pengunjung blog Anda akan aman ketika kita melakukan cara mengganti url artikel blog dengan paksa. Begitulah cara merubah tautan permanen di blog, dan ketika akses pos menggunakan url lama, akan segera dialihkan ke url yang baru. Hanya itu saja dan Anda telah selesai untuk Merubah URL Postingan Bahkan Setelah DiPublikasikan.

Terimakasih,

Toto Prayogo

Artikel Terkait

Berlangganan pos via email

Powered by FeedBurner